Apa Yang Dapat Dilakukan?

Kuliner Khas Bagek Kembar

Post Page Advertisement [Top]

Perlahan air payau merambat ke darat
Buih, dedaunan yang kusam serta ranting-ranting kecil jadi isyarat
Aliranmu menembus celah-celah tanggul tanah coklat
Menggenangi petak tambak tumpuan masyarakat

Air telah pasang,..
Inilah saat-saat ditunggu para petualang
Mengarungi alur-alur mangrove menantang
Lepak kuning bercadik sebelah jadi penantang

Hijau dedaunan mangrove segarkan nafas
Kayuhan lepak mendorong maju terkadang lepas
Mengoyak rasa petualang yang cemas
Percikan air payau menambah was-was
Mengarungi eksotiknya mangrove pesisir nan luas
***

Inilah bait-bait syair yang melukiskan sebagian rasa pengunjung petualang KEMBar, kawasan ekowisata mangrove bagek kembar, di Dusun Madak Belek, Desa Cendi Manik, Sekotong, Lombok Barat. Meski dengan fasilitas wisata yang masing sangat sederhana, namun mampu memberi nuansa dan suasana petualangan (adventuring) para pengunjungnya. Mendayung Lepak (istilah Sasak untuk perahu kecil) yang terbuat dari bahan fiberglass menjadi aktifitas menantang di KEMBar. Cobain deh, dan dijamin seru banget. Tapi ingat! jangan sendirian ya. Ajak satu atau dua temenmu.

Naik Lepak di Bagek Kembar Selfie Naik Lepak di Bagek Kembar

Untuk dapat mendayung Lepak diperlukan pengamatan terhadap waktu pasang dan surut. Saat surut, kedalaman kolom air tidak cukup untuk membuat Lepak meluncur menyusuri alur-alur mangrove. Saat yang pas adalah saat terjadi pasang maksimum, sekitar 1 jam sebelum dan setelahnya. Tanya sama Pak H. Agus Alwi, kapan waktu pasang yang tepat. Atau bisa dengan mengamati sendiri pergerakan air laut. Amati buih atau benda apa saja di permukaan air di alur-alur. Jika bergerak ke arah darat, berarti proses menuju air pasang. Tunggu sampai air cukup dalam sehingga Lepak dapat meluncur dengan mudah. Eitt....kalo udah asyik mendayung jangan lupa berhenti sebelum surut. Kecuali pengin berpayah-payah menyeret Lepak karena air sudah hilang ke laut.

Kapasitas Lepak idealnya hanya untuk dua penumpang, namun bisa ditambah hingga tiga orang dengan catatan ukurannya standar, relatif kecil. Lepak dapat dikayuh hingga ke laut lepas garis pantai, menyusuri tanaman mangrove yang baru tumbuh sekitar 1 tahun. Perlu diperhatikan arah arus dan arah kayuhan supaya tenaga tidak terkuras habis. Sebaiknya arah kayuhan searah dengan arah arus.

Selamat menikmati aktifitas menantang, Kayuh Lepak di Bagek Kembar #KEMBar.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]